BLH Kota Bengkulu

BAMBU, TANAMAN KONSERVASI DAS BENGKULU

Sumber:  http://blhkotabengkulu.web.id/  

Hasil observasi lapangan memperlihatkan bahwa sepanjang sempadan sungai hanya ditumbuhi vegetasi bertajuk rendah yaitu ± 90% dengan system perakaran yang tidak kuat mempertahankan abrasi.

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kota Bengkulu adalah Ibu Kota Provinsi Bengkulu terletak di tepi pantai Barat Sumatera pada 101°01 dan 103°46 BT serta 02°16 dan 05°31 LS. Kota Bengkulu dengan luas wilayah 144,52 km2 dengan panjang pantai 60 km termasuk Pulau Tikus. Wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Utara di sebelah Utara, berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Selatan di sebelah Selatan, selanjutnya di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Utara dan sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia. Jumlah penduduk Kota Bengkulu pada tahun 2006 berjumlah 267.262 jiwa, rata-rata kepadatan penduduk di Kota Bengkulu adalah 1.935 jiwa/km2. Sebagai kota pesisir yang berhadapan langsung dengan samudra India, Kota Bengkulu sangat potensial dijadikan kota wisata, seperti pantai panjang, pantai Jakat, Danau Dendam Tak Sudah, benteng peninggalan Inggris, dan lain-lain. Suasana yang tenang dan berada di tengah pertumbuhan penduduk regional, sangat mendukung untuk menjadikan Kota Bengkulu sebagai Kota Pelajar.

Kota Bengkulu merupakan daerah yang sedang membangun dan mempunyai potensi untuk terus berkembang. Sesuai dengan visi dan misinya, Kota Bengkulu merupakan kota yang maju, mandiri dan beradab menuju masyarakat madani. Kemajuan sektor pembangunan industri seperti pengolahan sawit dan karet yang berada di daerah hulu serta aktifitas masyarakat di sepanjang bantaran sungai, sangat mempengaruhi kualitas lingkungan yang ada di sekitarnya. Disamping itu tingginya endapan sedimentasi akibat abrasi di kiri kanan daerah aliran sungai Bengkulu. Hal ini semakin diperparah dengan aktivitas masyarakat di sepanjang sempadan sungai Bengkulu seperti pembukaan areal kebun sawit, karet, persawahan, perluasan permukiman, dan lain-lain yang mengakibatkan berkurangnya luasan daerah aliran sungai dan tanaman khas sempadan sungai yang berdampak terhadap ekosistem di perairan sungai.

Berdasarkan pengamatan dan penilaian fisik, bahwa kualitas air sungai Bengkulu sebagai sumber baku air PDAM Kota Bengkulu telah mengalami penurunan kualitas yang sangat tajam. Saat ini kondisi sungai berwarna kuning akibat tingginya endapan lumpur yang berasal dari kegiatan pembukaan areal hutan, pertambangan batu bara, industri pengolahan agro industri dan sumber domestik (limbah rumah tangga) di sepanjang DAS Bengkulu.

Kondisi ini sangat membutuhkan perhatian khusus untuk segera memperbaiki keadaan ini agar tidak semakin parah yang pada akhirnya berdampak negative seperti banjir dan tercemarnya kualitas baku air konsumsi. Hasil observasi lapangan memperlihatkan bahwa sepanjang sempadan sungai hanya ditumbuhi vegetasi bertajuk rendah yaitu ± 90% dengan system perakaran yang tidak kuat mempertahankan abrasi.

Penanaman bambu diharapkan sebagai solusi memecahkan masalah di atas karena syarat tumbuh bambu cocok pada ketinggian 0-1.000 m dpl, pH tanah rendah, dan curah hujan rendah. Areal sempadan sungai Bengkulu cocok ditanami bamboo sehingga sempadan daerah aliran sungai Bengkulu dapat dilestarikan.

Gambar 1. Sempadan Sungai Bengkulu dengan Vegetasi Tidak Tahan Abrasi Pasang dan Surut Air

Untuk mencegah terjadinya pencemaran dan menurunnya daya dukung sumber daya lingkungan perairan, maka Pemerintah Kota Bengkulu melalui Badan Lingkungan Hidup merencanakan program yang akan didanai oleh APBD Kota Bengkulu berupa penanaman pohon bambu di sempadan sungai Bengkulu.

B. TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan program ini adalah memperbaiki kerusakan lingkungan dan ekosistem lainnya di sempadan sungai Bengkulu.

Sasaran program ini adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memelihara kualitas lingkungan, khususnya di sempadan sungai Bengkulu.

Gambar 2. Peta Wilayah Administratif Kota Bengkulu

Gambar 3. Peta Degradasi Kawasan Konservasi Kota Bengkulu

III. PENUTUP

Dengan diwujudkannya penanaman pohon bambu di sempadan sungai Bengkulu diharapkan akan memperbaiki kondisi lingkungan di sempadan daerah aliran sungai Bengkulu beserta ekosistemnya. Perbaikan lingkungan hidup dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Demikian proposal penanaman pohon bambu ini dibuat dalam rangka pemenuhan kebutuhan kelestarian air dan ekosistem perairan sungai.

TERM of REFERENCE  ( T O R )

1. Nama Kegiatan : Penanaman Pohon Bambu di Sempadan Daerah

Aliran Sungai Bengkulu

2. Instansi Pelaksana : Badan Lingkungan Hidup Bengkulu Kota Benkulu

3. Latar Belakang : Ditinjau dari aspek teknis Kota Bengkulu memungkinkan untuk dikembangkan tanaman bambu, sedangkan lahan yang ada masih dalam keadaan tidur, karena belum teridentifikasi budidaya tanaman yang sesuai dengan kondisi lapangan, selain itu kebutuhan produk bambu terus meningkat, maka diperlukan upaya budidaya tanaman bambu sebagai salah satu komoditi konservasi.

4. Tujuan dan Sasaran :

  • Mengembangkan tanaman bambu sebagai alternatif komoditi konservasi, sehingga lahan tidur dapat diproduktifkan
  • Meningkatkan pendapatan petani di sempadan sungai Bengkulu

5. Pola Bentuk Kegiatan :

  • Pengadaan bibit, pupuk dan obat-obatan
  • Bimbingan teknis budidaya bambu

6. Indikator Kegiatan : 

  • Berkembangnya tanaman bambu di Kota Bengkulu
  • Terdapatnya variasi produksi dengan tidak terpaku pada salah satu jenis produksi
  • Meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat petani sempadan sungai

7. Pokok-pokok Kegiatan :

  •  Pengadaan bibit, pupuk dan obat-obatan
  • penyuluhan dan bimbingan teknis budidaya bambu

8. Sumber Dana : APBD

9. Rencana Lokasi : Masing-masing 3 (tiga) desa di Kecamatan Sungai Serut dan Kecamatan Muara Bangkahulu

10. Anggaran Biaya : Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: