Koran Arsitektur

Desain bangunan Sekolah dari Bambu | Green School – Bali

 Sumber:http://archiholic99danoes.blogspot.com/2011/12/   

Sekolah Hijau, sebuah laboratorium raksasa yang dibangun oleh PT Bambu, Sekolah ini berada diantara kedua sisi Sungai Ayung di Sibang Kaja, Bali, didalam hutan lebat yang berisi tanaman asli dan pohon-pohon yang tumbuh di samping kebun organik . bangunan ini didukung oleh sejumlah sumber energi alternatif, termasuk air panas dan serbuk gergaji dari bambu untuk alat memasak, generator bertenaga Hydro vortex dan panel surya (Tenaga Matahari).

Bangunan ini terdiri dari ruang kelas, pusat kebugaran, ruang perakitan, perumahan, kantor, kafe dan kamar mandi. Sebagian Besar Terdiri dari berbagai ruangan kelas . Bahan Baku dari gedung ini adalah Bambu lokal, yang diambil dari pengembangan berkelanjutan (perkebunan) sehingga terus dikembangkan dan menghasilkan stok yang banyak , Sehingga nanti Bambu tersebut bisa digunakan untuk bereksperiment arsitektur selanjutnya. Hasilnya adalah Sebuah komunitas hijau yang bisa menjadikan inspirasi dan ilmu bagi para mahasiswa agar lebih penasaran, lebih fokus untuk mempelajari tentang Lingkungan hijau agar planet ini selamat dari bahaya Efek Rumah Kaca dan sebagainya.

Pemerhati Lingkungan dan Desainer, John dan Cynthia Hardy ingin memotivasi masyarakat untuk hidup sehat ‘ Green Peace’ . Bagian dari upaya untuk menunjukkan kepada orang, bagaimana membangun sebuah gedung dengan bahan yang sangat tradisional , yaitu bambu. Mereka mendirikan Sekolah Hijau, Dengan afiliasinya yaitu Yayasan Meranggi, yang mengembangkan perkebunan tanaman bambu melalui penyajian bibit bambu kepada petani padi lokal, dan PT Bambu, Keuntungan dari program desain dan perusahaan konstruksi yang mempromosikan penggunaan bambu sebagai primer bahan bangunan, adalah dalam upaya untuk menghindari penipisan lebih lanjut dari hutan hujan.

Desain Rumah tingkat Tiga yang terlindungi Bambu 

Sumber:http://archiholic99danoes.blogspot.com/2011/11/  

Rumah ini telah dirancang sebagai rumah tiga lantai dengan tiang bambu yang berkelanjutan bukan jeruji baja biasa.

Mengapa bambu? Ada banyak alasan untuk penggunaan bahan ini karena merupakan solusi cerdas, murah dan dalam waktu yang sama hijau.Di tempat pertama, bambu digunakan untuk membuka jendela menyediakan ventilasi alami di seluruh rumah. Juga, ‘pagar’ bambu yang sempit spasi untuk mencegah penyusup dari pendakian di kehampaan terbuka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: