Artikel Bambu Laminasi

Bambu Lamina, Bahan Alternatif untuk Mebel dan Desain Interior

Download file: topik 5  

Bambu Laminasi ( bambu untuk masa depan )

Sumber: http://aristekturdesign.blogspot.com/2010/09/  

Bambu merupakan salah satu bahan material yang akan menjadi pengganti kayu pada masa datang. Karena pada saat ini kayu merupakan bahan yang sulit didapatkan (jumlahnya terbatas) dan juga merupakan salah satu material yang sulit untuk diperbaharui secara cepat. Bandingkan bambu yang pertumbuhannya dalam satu hari mampu setinggi 1m dan bisa dipanen dalam usia 3-5 tahun saja. Sedangkan kayu membutuhkan waktu lebih dari 40 tahun untuk bisa digunakan kayunya sebagai material.

Saat ini bambu sudah bisa dibentuk seperti bilah-bilah kayu atau pun balok kayu solid. Dengan memotong bambu menjadi lembaran kecil, lalu disusun dan disatukan menggunakan pres atau pun pen bambu, lalu dipres dalam waktu tertentu. Bisa juga ditambahkan resin sehingga permukaan bambu menjadi lebih glossy. Kekuatan bambu laminasi tersebut ternyata memiliki kekuatan yang sama dengan kekuatan kayu solid, jika digunakan sebagai struktur bangunan.

Harga per meter kubik (m3) bambu laminasi saat ini masih tergolong mahal, karena ongkos produksi dan mesin pres bambu belum terlalu populer, juga dibuat berdasarkan pesanan saja (made by order). Di jogjakarta harga permeter kubik bambu laminasi adalah 15 juta rupiah, di Bali sekitar 13 juta rupiah. Bandingkan dengan kayu Bengkirai Kalimantan yang 1 meter kubiknya hanya 7,5-8 juta rupiah saja. Di China, bambu laminasi jauh lebih berkembang dan sudah menjadi bagian dari industri besar bagi masyarakat setempat. Sehingga harga bisa ditekan sangat murah, yaitu 8 juta permeter kubiknya.

Semoga bambu laminasi ini suatu saat bisa menggantikan kayu dimasa depan, demi menjaga bumi dari kerusakan yang semakin besar.

Papan dan Lantai Bambu

Sumber: http://www.sahabatbambu.com/produk/papan/ 

Contoh Papan Bambu Laminasi

Bambu dapat dibentuk menyerupai papan kayu dengan proses laminasi. Menggunakan bahan pengawet dan lem yang bersahabat dengan lingkungan, bambu dapat diubah menjadi papan yang indah dan kuat. Produk bambu laminasi cocok digunakan untuk berbagai keperluan seperti lantai, dinding, dek, bahkan dapat dibentuk menjadi berbagai furniture atau mebel yang indah. Kami bekerjasama dengan perusahaan mitra yakni Bamboo Home Solution, memproduksi papan bambu berkualitas. Berikut ini adalah beberapa contoh papan bambu produksi kami. Produk tersebut semuanya berdasarkan pesanan karena baru diproduksi secara terbatas.

TEKNOLOGI BAMBU LAMINASI

Sumber: http://www.moriscobamboo.com/artikel_07.html

Uji lentur balok laminasi (Hibah penelitian Inovasi Potensial Paten UGM, 2006)

Bambu dengan bentuk aslinya yang berongga, tidak prismatis, serta tampangnya yang tidak berupa lingkaran sempurna cukup sulit untuk dirangkaikan. Namun demikian, teknik perekatan memungkinkan penggabungan antara beberapa elemen dengan tampang empat persegi panjang menjadi satu kesatuan. Dalam hal ini terlebih dahulu bambu dipotong-potong menjadi berbentuk batang prismatis dengan tampang empat persegi panjang. Setelah itu elemen-elemen ini diolesi dengan perekat dan dikempa menjadi papan atau balok. Mengingat gabungan elemen-elemen itu terbentuk dari beberapa lapis, papan dan balok yang dihasilkan disebut dengan papan/balok lapis atau papan/balok laminasi.

Papan laminasi yang memiliki serat sangat indah ini sangat baik sebagai bahan baku untuk pembuatan dinding, penutup lantai, daun pintu serta mebel.  Sedang balok dapat dipakai sebagai komponen konstruksi bangunan, kusen, dll. Mataram, 1998)

TEKNOLOGI BAMBU LAMINASI 

Sumber: http://awan-archxblogerz.blogspot.com/2009/07/

BAMBU LAMINASI SEBAGAI PENGGANTI KAYU KONSTRUKSI

 

Ketersediaan bahan alami pada saat ini tidak diimbangi dengan usaha reboisasi atau peremajaan. Saat ini dunia konstruksi sudah mengalami kesulitan menemukan bahan bangunan, terutama kayu dengan kualitas baik dan dimensi sesuai Kebutuhan. Salah satu bahan bangunan alternatif pengganti kayu yang mudah diperoleh dan dibudidayakan adalah BAMBU. Pemakaian bambu pada bahan bangunan terkendala bentuk apabila hendak diaplikasikan sebagai balok, kolom atau papan sebagaimana kayu. Kendala tersebut dapat diatasi setelah bambu mengalami proses LAMINASI.

Menggunakan Teknologi Cold Press yaitu,
Teknologi Ramah Lingkungan dan Peluang Usaha (Padat Karya)
Bahan Baku : BAMBU
Bahan Pengawet : Borac-Boric
Bahan Perekat : Urea Formaldehyde (Interior)
Polymer Isosyanate (Eksterior)
Komponen : Kolom, Balok, Partisi, Parquet, Furniture

APLIKASI BAMBU LAMINASI KE BANGUNAN TRADISIONAL

Arsitektur tradisional memiliki kekhasan dan daya tarik merupakan kekayaan (aset) nasional dan kebanggaan bangsa Indonesia. Seiring perkembangan zaman, peradaban dan kemajuan teknologi, maka terjadilah pergeseran-pergeseran yang berakibat hilangnya keasliannya. Salah satu faktor pendorong hilangnya artefak tersebut adalah SEMAKIN LANGKANYA BAHAN BANGUNAN, karena kualitas yang rendah atau nilai estetika yang tidak lagi sesuai.


Salah satu bahan bangunan alternatif pengganti kayu yang mudah diperoleh dan dibudidayakan adalah BAMBU.

APLIKASI BAMBU LAMINASI SEBAGAI KOMPONEN PENDUKUNG BANGUNAN

Salah satu bahan bangunan alternatif pengganti kayu yang mudah diperoleh dan dibudidayakan adalah BAMBU. Pemakaian bambu pada komponen penunjang bangunan terkendala bentuk apabila hendak diaplikasikan sebagai TANGGA, LEMARI, MEJA, KURSI dan furniture lainnya. Kendala tersebut dapat diatasi setelah bambu mengalami proses LAMINASI.

Proses pembuatan balok bambu laminasi:

  • Penyiapan Alat dan Penyiapan Bahan
  • Pembuatan Bilah
  • Pengawetan Bambu
  • Pengeringan
  • Perataan Bilah Bambu dan Penyiapan Perekat
  • Pengeleman
  • Pengempaan/laminasi
  • Perataan sisi balok
  • Pembentukan Dimensi dan Profil Balok Laminasi

BAHAN

Bahan bambu : bambu petung/ bambu berdinding tebal
Tanaman bambu yang berusia 3-5 tahun
Tebal dinding> 10 mm
Diameter bambu > 10 cm
Kondisi bambu masih dalam keadaan segar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: