Degina Juvita

Makna Sosial Sebuah Jembatan

Oleh Degina Juvita

Sumber: http://www.satulingkar.com/   06 Januari 2012

Apa yang ada di benak anda ketika melihat sebuah jembatan? Sesuai fungsinya, jembatan merupakan tempat penyeberang di atas jalan raya dan sungai. Menyadari fungsi sebuah jembatan sebagai fasilitas publik, komunitas 12 Pas berinisiatif mencipta karya instalasi berupa jembatan yang dihias lampion.

Komunitas 12 Pas berdiri sejak 2005. Perkumpulan seniman multi-disiplin ilmu ini, menghasilkan berbagai karya seni rupa berupa lukisan, mural, video animasi, patung, desain, hingga instalasi. Kali ini, komunitas 12 Pas menghadirkan karya instalasi jembatan yang memiliki makna sosial dan berguna bagi banyak orang.

“Dalam seni rupa, kami menyebutnya sebagai Post Sculpture. Ini merupakan karya patung yang memiliki nilai fungsional dan seni,” ungkap Oky Arfie, anggota komunitas 12 Pas. Keprihatinan komunitas 12 Pas akan terbatasnya ruang bermain bagi anak-anak, membuat mereka menciptakan gagasan karya berupa jembatan yang juga berfungsi sebagai area bermain bagi anak-anak.

Instalasi jembatan dibuat berbahan dasar bambu, dengan ukuran panjang 10 meter dan tinggi 8 meter. Justru terbuat dari bambu yang memiliki sifat lentur, jembatan aman untuk dinaiki. Desain jembatan dipersiapkan dengan matang oleh komunitas 12 Pas dan pembuatannya dirampungkan dalam waktu 1 minggu.

“Area pembuatan instalasi jembatan yang terletak di dekat sungai Manggarai, memang merupakan tempat bermain anak-anak di kawasan itu., bahkan saat bambu-bambu baru dipasang, anak-anak dengan senang hati bermain di atas jembatan. Namun karena musim hujan dan banjir, kami khawatir akan keselamatan anak-anak yang bermain di atas jembatan. Akhirnya kami sepakat untuk memindahkannya di TIM,” ungkap Oky, yang juga pendiri Galeri Ruang Rupa.

Pemindahan karya ke lokasi lain, membuat judul dan fungsi dari instalasi jembatan pun berubah. Awalnya instalasi diberi judul “Jembatan”, kini berubah menjadi “Evakuasi”. Bila awalnya, instalasi jembatan itu digunakan anak-anak untuk bermain, kini berfungsi sebatas karya seni di ruang publik. “Seharusnya jembatan itu berfungsi sebagai tempat evakuasi bagi masyarakat, tapi ini justru jembatannya yang dievakuasi,” canda desainer grafis.

Pesan yang disampaikan melalui karya seni instalasi ini sesungguhnya sederhana, mereka ingin menciptakan ruang bermain yang fungsional untuk anak-anak. Para seniman merasa bahwa anak-anak di Jakarta, kekurangan tempat bermain di area publik. Sehingga instalasi ini bisa menjadi alternatif bermain yang juga memiliki nilai estetika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: