Mesin Pengolah Bambu

Desain Mesin Penyayat Bambu Bahan Tusuk Dupa Kapasitas 1000 Batang/Jam

Sumber: http://library-ump.org/ 

Oleh : Mustofa Ali Imron

ABSTRAK:

Mesin penyayat bambu bahan tusuk dupa merupakan mesin yang digunakan untuk menyayat belahan-belahan bambu. Dalam hal ini keadaan/kondisi belahan bambu sebelum disayat adalah sudah dibelah bukan batang bambu yang masih utuh. Sesuai dengan pengamatan dilapangan belum ada produsen tusuk dupa yang menggunakan alat penyayatan bambu secara mekanik. Mereka kebanyakan masih menggunakan cara full manual sehingga ditinjau dari segi effisiensi sangat kurang.

Prinsip kerja mesin pengerol ini adalah benda kerja yakni batang bambu dikenai gaya tekan yang tinggi yang berasal dari gerakan jepit dua batang pengerol dan tegangan geser permukaan sebagai akibat gesekan antara rol dan benda kerja. Gaya gesek juga berpengaruh terhadap penarikan benda kerja diantara rol.

Mesin ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya : Rangka Mesin, Motor Penggerak,Rangkaian Puli Transmisi, Roda Gigi, Rangkaian Rol/Batang Pengerol. Posisi pisau/gerakan pisau mendatar terhadap bambu yang disayat. Sistem yang digunakan pada alat ini sejumlah pisau dipasang di depan rol sebagai posisi pisau terhadap belahan bambu pada saat terjadi penyayatan adalah dibawah bukan disamping seperti pada penyayatan manual. Jadi gerakan bambu adalah tegak lurus terhadap posisi poros pisau. Pada saat terjadi penyayatan, titik singgung pisau terhadap belahan bambu tepat pada kondisi garis lurus, yaitu sumbu poros pisau dan titik pusat bambu. Diharapkan dengan terciptanya alat ini dapat mampu mencukupi kapasitas produksi yang diinginkan yaitu 1000 batang/jam serta dapat menghadapi perkembangan pasar yang terjadi dengan peningkatan produksi terutama dalam mutu/kualitas dan kuantitas.

5 Responses to “Mesin Pengolah Bambu”

  1. ardymntr6 Says:

    mhon maaf sblumnya..

    klo brknan sya mnta rincian rancangan mesin penyayat bambu ini.

    trma ksh..

  2. Juweri Says:

    Kalau membuat mesin penyayat bilah bambu untuk di anyam jadi bilik/gribik bisa gak, kalaw bisa saya mau

  3. Ajwar. Says:

    Pesen bisa gak?

  4. Komar Udin Says:

    mesinnya dijual nga?

  5. Nyoman kirtya Says:

    Berapa harga mesin belah.mesin serur dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: