Eka Shantika

“…IBS Bawa BIOLA, GITAR dan SAXOFON dari BAMBU di JAVA JAZZ 2012

Oleh : Eka Shantika

Sumber: http://penanusantara.wordpress.com/2012/04/07/  

“…Gitar Bambu yang di Mainkan IBS di Java Jazz 2012…”

“…PENANTRA – Pada gelaran musik Jazz Internasional lalu, Java Jazz Festival 2012, Indonesia Bamboo Society (IBS) ikut tampil dengan menampilkan kolaborasi menggunakan alat musik bambu.

Komunitas yang terkenal dengan inovasi alat-alat musik internasional berbahan bambu ini menggelar stand dan manggung di arena Java Jazz 2012 atas undangan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

” Suatu kejutan bagi Kita, masuk java jazz,” terang Adang, Presiden IBS. Keterkejutan mereka memang beralasan. Pasalnya mereka diminta untuk tampil di gelaran musik jazz kelas internasional itu hanya lima hari sebelum Java Jazz digelar. Persiapan dadakan pun dibuat, mereka berlatih hanya tiga kali sebelum manggung. Persiapan stand pun dilakukan sambil masih membawa rasa tak percaya diri di hati. ” Makanya saya sama Abah datang subuh-subuh untuk mempersiapkan stand. Malu sama yang lain, terang” Adang.

” Apalagi melihat stand-stand yang lain bagus-bagus betul, ada yang membawa gitar listrik batik. Wah, kita cuma bambu, apalah bambu, murah,” kenang Adang. Bahkan gitar bambu yang tadinya mau ikut dipamerkan, dibawa pulang lagi ke Bandung. Hanya biola bambu, saxofon, dan beberapa alat musik lain yang akhirnya dipajang.

“…Biola bambu ketika dipamerkan di Java Jazz Festival 2012…”

Namun, keminderan mereka berangsur berubah menjadi kepercayaan diri ketika para pengunjung Java Jazz ternyata menyambut positif kreasi mereka itu.

” Edwin Gutawa malah sempat mampir ke stand kita. Kalau dilihat dari stand lainnya, bisa dibilang stand kita yang paling ramai,” ujar Adang senang.

Akhirnya, hari Sabtu, gitar bambu yang tadinya disisihkan pun diboyong lagi ke Jakarta. Jadwal manggung mereka pun bertambah, dari sekali manggung jadi tiga kali manggung. ” Peter Gontha sendiri yang meminta kami untuk main lagi, pertama memang main sendiri, kedua untuk direkam di televisi, ketiga untuk televisi Korea,” papar Adang.

Tak cuma itu, mereka pun mendapat tawaran main di Singapura selama 10 hari pada Mei mendatang. IBS sendiri baru terbentuk pada 11 November 2011. Terbilang cukup muda untuk sebuah kelompok musik. Adang pun mengaku bangga bisa tampil di gelaran sekelas Java Jazz, padahal masih banyak kelompok musik lain yang lebih senior dari mereka. Sebelum IBS terbentuk, Adang dan Yudi Rahmat, atau lebih akrab disapa Abah Yudi, membentuk kelompok musik “Piraki Awi” terlebih dulu. “Piraki Awi” yang berarti hanyalah bambu ini merekrut orang-orang kecil, tukang parkir, orang tidak mampu yang bisa bermain musik.

“…Abah Yudi dan Adang di stand pameran mereka di Java Jazz 2012…”

Setelah berlatih, mereka bertekad harus mengenalkan alat musik ini ke banyak orang. Pentas pertama mereka pun berhasil didapat.

Sebuah pentas di Manggala Siliwangi, Bandung. ” Kita minta ke panitianya untuk barter. Kita main tanpa di bayar tapi kita harus dapat stand, kalau kita main jelek kita bayar. Walaupun, saat itu ngga tau juga duit dari mana bayarnya, 6 juta,” cerita Adang lagi.

” Akhirnya panitianya tertarik, kita jadi gratis main di situ. Setelah itu 7 Desember, kita tampil lagi di Monumen Perjuangan, di ITB, banyak undangan main setelahnya.

Sampai akhirnya diundang ke Java Jazz. Saya agak heran juga, baru muncul tapi kok kita gampang bener masuk java jazz…” Dari tim yang ada dan ditambah beberapa personil lainnya, mereka kemudian latihan instan untuk tampil di Java Jazz. Mereka sukses membawakan lagu-lagu Al-Jerrau hingga Manuk Dadali dalam kolaborasi perkusi bambu, arumba, gitar, dan biola bambu. Wah, maju terus musik etnik nusantara !

( Oleh : Eka Shantika )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: