Berita Hutan Bambu

Desember 2009

Menikmati Keasrian Alam di Hutan Bambu Lumajang

Sumber: http://www.metrotvnews.com/ 26 Desember 2009 

Metrotvnews.com, Lumajang: Bagi Anda dan keluarga yang akan berlibur ke wilayah Jawa Timur, tidak salahnya untuk mampir ke Wisata Hutan Bambu di Lumajang. Pilihan wisata baru ini menarik untuk dikunjungi karena pengunjung bisa menikmati suasana asri nan sejuk.

Obyek Wisata Hutam Bambu terletak di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, sekitar 30 kilometer dari Kota Lumajang. Kawasan hutan seluas 14 hektare ini berada di lereng Gunung Semeru.

Jauh dari kesan angker. Hutan Bambu Sumbremujur justru terlihat elok. Areal sekitarnya terasa sejuk sepanjang hari. Pengunjung dijamin tidak akan terkena sengatan matahari, meski datang siang hari bolong yang panas. Sorotan matahari bisa teredam rumpun bambu yang rimbun. Memasuki hutan bambu ini bak menyeruak sebuah terowongan.

Sepanjang hutan bambu, ratusan kera jinak bisa ditemukan pengunjung. Wisatawan pun bisa menyapanya dengan memberikan makanan. Pengunjung juga bisa melihat ribuan ekor kalong atau kelelawar yang bergelantungan di pohon bambu.

Lingkungan yang masih alami ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, khususnya mereka warga kota yang mendambakan sebuah lingkungan natural alam. Untuk memasuki obyek Wisata Hutan Bambu ini, pengunjung tidak dipungut tiket masuk alias gratis. Untuk biaya konservasi hutan ini, pihak Desa Mujur hanya menarik iuran dari pedagang yang berjualan di sekitar obyek wisata.(DSY)

Maret 2010 

UPAYA MEMPERCANTIK HUTAN BAMBU

Sumber: http://www.lumajang.go.id/ 9 Maret 2010 

[Lumajang.go.id] Setelah melalui kesepakatan bersama, antara Pemerintah Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro dan Badan Permusyawaratan Desa setempat, maka di setujui untuk membangun fasilitas penunjang dan berbagai sarana kelengkapan, di obyek wisata alam Hutan Bambu Sumber Dhelling Desa Sumbermujur. Dana yang digunakan untuk pembangunan diambil dari Alokasi Dana Desa (ADD). Demikian penjelasan Heri selaku Ketua KPSA Kalijambe yang sekaligus pengelola hutan bambu.

Menurutnya, fasilitas yang saat ini sedang dalam proses pembangunan, berupa gapura masuk, irigasi dan tangkis jalan untuk mencegah erosi. Gazebo, serta kolam renang anak dan dewasa. Kolam renang dianggap ideal di dirikan dihutan bambu, sebab disatu sisi dapat menarik minat pengunjung, disisi lain, potensi air yang dimiliki oleh hutan bambu perlu dikembangkan sebagai objek wisata tambahan. “air disini sangat jernih dan menyegarkan, ini potensi untuk dimanfaatkan,”  ujarnya.

Kedepan pihaknya juga telah merencanakan untuk mendirikan penangkaran hewan di areal hutan bambu. “unggas seperti cucak hijau dan mungkin kijang akan coba kita tangkar,” tambahnya. Disamping fauna seperti monyet, kelelawar besar (kalong) dan beberapa jenis ikan yang kini hidup bebas di hutan bambu. Sehingga nantinya potensi dan daya tarik wisata hutan bambu akan semakin lengkap.

Pada hari-hari libur, tidak kurang dari 200 hingga 300 orang berkunjung ke objek wisata alam ini. dan mereka datang untuk mengagumi panorama indah dan rimbunnya hutan bambu, sembari menikmati dan mengamati fauna yang hidup bebas di areal seluas 9 hektar itu. (cko)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: