Beijing Flyer Commondity

Serat bambu adalah revolusi kelima dari industri pertekstilan

Sumber:  http://www.flyer-int.com/ 7 Juli 2009

Kekhasan serat bambu seringkali membuat orang-orang berpikir akan betapa berharganya produk tersebut

1. Asal usul serat bambu

Serat bambu berasal dari bambu alami berkualitas bagus, melalui teknik khusus, mengeluarkan selulosa dari bambu, kemudian direkatkan, dijadikan benang, dan berbagai proses lainnya dan terbentuklah serat selulosa baru. Produk serat bambu mencakup pakaian dalam, handuk, produk-produk perlengkapan tempat tidur, kain lap, kaus kaki, T-shirt dan berbagai macam benda lain yang ada di sekitar kehidupan kita. Kualitas kesehatan khas dari serat bambu ini dapat ditampilkan dari nyaman di kulit. Selain meningkatkan taraf produk dan kualitas kehidupan manusia, juga mengubah pola persaingan industri berhubungan lainnya.

Karena bambu sendiri dapat menghasilkan anion dan anti-kuman, dalam perkembangan pohon bambu, dikarenakan tidak adanya bakteri penyakit maka tidak perlu menggunakan insektisida yang dapat menyebabkan polusi; selain itu pembuatan serat bambu juga menggunakan teknologi tinggi, tidak menggunakan bahan kimia dan memiliki fungsi anti-bakteri, anti-tungau, anti-bau, anti-ultraviolet alami, memiliki sirkulasi yang baik, mudah menyerap air, keawetan yang tinggi, pewarnaan yang gampang, indah. Maka orang-orang memujinya dengan sebutan “Penenunan ekologi yang bisa bernapas”, “Ratu serat”, bahan serat bambu oleh orang-orang industri tekstil disebut juga sebagai: “Bahan kesehatan yang memiliki pontensi perkembangan tercerah di abad 21”.

Serat bambu kemudian oleh orang industri tekstil disebut juga kelanjutan dari revolusi bahan tekstil ke-5 setelah “Katun, wool, sutra, linen”

2. Enam Fungsi utama serat bambu

Dengan bambu sebagai bahan mentah yang diproses menjadi serat bambu, serat bambu jika dibandingkan dengan serat tradisional lainnya, maka memiliki enam fungsi yang tak tergantikan :

1.1 Anti-kuman, Anti-bakteri

Diteliti menggunakan mikroskop elektron, bakteri dalam jumlah yang sama pada kain jenis katun dan serat kayu bakteri dapat menggandakan diri dalam jumlah besar, sedangkan pada produk serat bambu bakteri tersebut dalam 24 jam kemudian mati terbunuh sekitar 75%. Penemuan baru autoriti Jepang menambahkan nilai lebih pada produk ini, kemudian melewati tes dari pusat pengontrolan kualitas produk katun China dan melewati tes dari Pusat Penelitian Mikroorganisme Akademi Sains Shanghai China juga membuktikan hasil-hasil diatas ( handuk katun di musim panas mudah bau sehingga kuman berkembang biak menjadi puluhan ribu kali lipat)

1.2 Fungsi Menyerap dan Menghilangkan bau

Struktur pori-pori kecil khusus di bagian dalam serat bambu membuat serat bambu memiliki daya serap yang tinggi, dapat menyerap formaldehyde, benzene, toluene, ammonia dan substansi berbahaya lainnya dan dapat menghilangkan bau yang tidak sedap

1.3 Fungsi menyerap dan mengeluarkan air

Di bawah mikroskop elektron dengan pembesaran 2000 kali, di permukaan serat bambu terdapat banyak cekungan dan cembungan, membentuk lubang-lubang berbentuk oval, lubang yang besar. Hal menunjukkan daya kapilaritas yang tinggi, bisa dengan cepat menyerap dan menguapkan air, dari semua serat alami, daya serap dan daya pengeluaran air serat bambu adalah yang paling tinggi. Di suhu 36°C, dalam kondisi 100% basah, daya serap kembali serat bambu mencapai 45%, sirkulasi udara lebih tinggi dari katun 3.5 kali, maka disebut juga “Serat yang bisa bernapas”. Menggunakannnya sebagai bahan jadi tekstil dapat disebut sebagai “Kulit manusia lapisan kedua”

1.4 Fungsi super anti-ultraviolet

Daya tembus ultraviolet di katun adalah 25%, daya tembus di serat bambu 0.6%, daya tahannya dibanding katun lebih tinggi 41.7 kali lipat. Produk serat bambu dapat digunakan di musim panas dan gugur, membuat orang terasa nyaman, sejuk. Di musim dingin dan semi menggunakannya juga membuat kita terasa nyaman dan dapan mengeluarkan kelebihan panas dan air dalam tubuh.

1.5 Fungsi menjaga kesehatan

Bambu mengandung banyak pectin, madu bambu, tyrosine, vitamin E dan SE, GE berbagai mikro elemen lainya yang dapat melawan kanker, anti-tua. Anti oksida dari “Elemen bambu” dapat dengan efektif menghilangkan radikal bebas di tubuh, memiliki kemampuan anti-tua; gabungan dari peroxide dan esters dapat menghentikan Carcinogen, N-nitrite ammonia, yang dengan jelas meningkatkan antibodi tubuh.
Serat bambu mengandung berbagai asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, memiliki fungsi khas menjaga kulit; elemen serat bambu, madu bambu, pectin, memiliki fungsi membasahkan kulit dan fungsi anti-lelah; serat bambu tidak membawa muatan listrik, anti listrik statis, anti gatal; produk serat bambu lembut, nyaman di kulit, dapat memperbaiki sirkulasi darah di tubuh, mengaktifkan sel-sel tubuh, efektif mengontrol sistem saraf, menambah stamina, menyebabkan efek domino menghasilkan panas bagi tubuh, meningkatkan kualitas tidur. Selain itu kepadatan anion dalam serat bambu mencapai 6000 bh/ M3, setara dengan kepadatan anion di luar lapangan, membuat orang terasa segar nyaman, boleh dibilang “Bersama-sama di rumah, di hutan bambu hijau, di keindahan setiap hari”

1.6 Fungsi kenyamanan keindahan

Kenyamanan : kenyamanan dari pakaian ditentukan dari tiga unsur: nyaman dalam cuaca panas, nyaman disentuh, nyaman di tekan. Daya serap serat bambu tinggi, sirkulasi udara baik, tingkat emisi sinar infrared panjang mencapi 0.87, jauh mengungguli bahan serat tradisional, maka cocok dipakai saat panas. Berdasarkan kebutuhan di setiap musim yang berbeda, menggunakan teknik yang berbeda, membuat produk serat bambu menghasilkan kehangatan di musim dingin, kesejukan di musim panas. Produk serat bambu juga baik bagi kulit, nyaman disentuh, kulit terasa segar. Produk serat bambu ringan bersinar, lembab dan lembut, halus dan ringan, memiliki rasa lembut seperti katun, kesegaran seperti sutra, lembut di badan, nyaman di kulit. Pemakaian bagus, memberikan kenyamanan tanpa tekanan. Di musim panas menggunakan produk serat bambu, tubuh bisa merasa sangat segar, suhu tubuh dapat berkurang 1-2 derajat, sedangkan di musim dingin memiliki efek menjaga kehangatan, juga dapat mengeluarkan kelebihan panas dan cairan dalam tubuh, hangat di musim dingin, sejuk di musim panas membuatnya tidak bisa dibandingkan dengan bahan serat lainnya.

Keindahannya: kerapatan serat bambu, tingkat keputihan yang bagus, setelah diwarnai terlihat indah, warna yang cerah, tidak luntur, bersinar bercahaya, elegan, enak dikenakan, memiliki perasaan anggun alami.

3. Serat bambu memiliki potensi pasar yang besar dan masa depan yang cerah

Sebagai bahan tekstil baru, munculnya serat bambu maknanya bukan hanya pada suatu jenis rangkaian produk tertentu saja, tetapi berada pada seluruh industri tekxtil,. Pasar tekstil Cina memiliki market share sebanyak 1.5 triliun Yuan. Serat bambu secara menyeluruh memasuki pasar ini. Pasar serat bambu mencakup seuluruh industri tekstil, serat bambu memiliki market space yang nyata, berbagai tingkat, dan berbagai model.

Sejak dulu belum ada yang menciptakan teknik seperti serat bambu ini, dengan menitik beratkan pada kesehatan dan anti-kuman sebagai titik awal, menyebabkan pasar pakaian dalam, bra, produk-produk kasur, handuk, kaus kaki, produk rumah tangga, pasaran ibu hamil dan bayi, dan berbagai pasar besar lainya dirangkum menjadi satu, mengembangkan secara horizontal dan vertikal. Atas dasar kesehatan, segala bidang di atas dapat menimbulkan dorongan yang cukup bagi pasar.

Kedatangan serat bambu, bagi seluruh industri tekstil, memiliki makna yang dalam. Nilai produk serat bambu menciptakan identitas dan status sosial konsumen. Serat bambu merupakan pasar yang masih kosong, memiliki kesempatan dagang bernilai triliunan rupiah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: