Berita Tekstil Bambu

Pakaian Dalam Anti Bakteri Berasal Dari Pohon Bambu

Sumber:http://bdguptodate.com/  

Bandung,- Sejumlah pakaian dalam yang diklaim anti bakteri produksi industri tekstil luar negeri menggunakan bahan baku pohon bambu, tetapi dituliskan dilabel pakaiannya dengan kalimat ‘rayon made of bamboo’ dalam setiap hasil produksinya.

Alasan dari industri tekstil luar negeri non penghasil pohon bambu tidak mencantumkan bambu dalam label pakaian, karena dianggap bisa mengambil-alih pasar kapas.

Menurut Peneliti Bambu Nusa Verde berkebangsaan Belgia, Marc Peeters, alasan industri tekstil menggunakan bahan dasar bambu, karena pada dasarnya pohon bambu tidak pernah diserang hama dan praktis pemeliharaannya. Selain itu bisa diolah menjadi bahan dasar produksi pakaian.

“Sampai saat ini bahan baku untuk pakaian dari kapas, tetapi masalahnya kapas itu harus disemprotkan pestisida, sedangkan bambu tidak perlu diberikan pestisida dan bisa menghasilkan rayon,” kata dia.

Marc Peeters mengatakan rayon merupakan hasil pengolahan pohon bambu menjadi pupuk, tetapi ketika diolah dengan beberapa bahan kimia, bisa menghasilkan serat untuk dijadikan benang.

Dia menganggap ketakutan industri tekstil luar negeri dengan tidak mencantumkan pohon bambu dalam label pakaian yang diproduksinya, disebabkan dinegaranya pohon bambu tidak bisa ditanam. Tetapi negara non penghasil bambu itu tidak mau membeli dengan harga tinggi untuk setiap pohonnya kepada negara penghasil bambu.

Statistik terakhir menyatakan sebanyak 1.250 jenis bambu di dunia, 140 jenis atau setara dengan 11% dari jumlah jenis bambu dunia, adalah spesies asli dari Indonesia. (Arie Nugraha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: